Candi Kalasan, Salah Satu Kebanggaan Jogjakarta.

Jawa Tengah, TI – Meskipun Yogyakarta merupakan Provinsi Daerah Istimewa (DIY) memang dikenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang memiliki nilai sejarah dan budaya yang sangat kental,  sehingga menjadikan kota ini sebagai tempat berliburnya para turis dari mancanegara. terutama dalam hal bangunan berbentuk candi. oleh sebab itu Yogyakarta memiliki begitu banyak peninggalan sejarah, salah satunya adalah Candi Kalasan.

Seperti yang kita ketahui bahwa Candi Kalasan, tepatnya berada di Desa Kalibening, Tirtamani, Kabupaten Sleman yang merupakan tempat berdirinya salah satu candi yang memiliki sejarah yang kaya  dengan nilai budayanya dengan bentuknya yang sangat memukau, akan menjadikan kita betah dan puas bila berkunjung ketempat ini. candi budha ini memiliki 3 bagian, yaitu bagian bawah atau kaki candi, tubuh candi dan atap candi dengan memiliki keunikan masing-masing berbeda.

Terlihat pada bagian kaki candi berdiri sebuah alas batu yang berbentuk bujur sangkar, di setiap pintu masuk sisi utara dan selatan terdapat hiasan kala. Di bagian jengger candi terdapat kuncup – kuncup bunga, daun – daunan, dan sulur – suluran. Sedangkan di bagian atas terdapat pohon dewata seperti gendang, rebab, kerang, dan camara. Bagian atap candi terdapat kubus yang di anggap sebagai kemuncak Gunung Semeru, tertulis dalam situs Temples of Indonesia. Meskipun banyak orang tidak sempat berkunjung ketempat ini, namun dengan melihat gambar-gambar bentuk bangunan candi ini serasa sudah bisa berada disana. (Red)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *