Menyenangkan, SMAN 3 Padang Bakal Resmikan Pusat Kajian Islam

PADANG, TI – SMAN 3 Padang bakal memiliki fasilitas baru yakni gedung “Pusat Kajian Islam” Surau Nurul Ilmi yang pengoperasiannya ditandai dengan peresmian pada Minggu (9/10) mendatang.

Kepala SMAN 3, Ramadansyah menyebutkan, Pusat Kajian Islam Surau Nurul Ilmi tersebut didirikan dalam rangka menunjang basis ekskul surau terhadap program keterpakaian di SMAN 3. Dimana program tersebut berkenaan dengan kearifan budaya lokal berupa mengadopsi pola surau tempo dulu yang disesuaikan dengan pola surau modern saat ini.

“Upaya ini dalam rangka menyiapkan peserta didik yang mampu mengenal, memahami, menghayati dan mengimani ajaran agama islam. Sebagaimana kecerdasan sosial dan spiritual itu sangat penting untuk bisa diaplikasikan,” sebutnya sewaktu ditemui di ruangan kerjanya, Selasa (4/10).

Ramadansyah menerangkan, terkait program ekskul surau, para siswa akan ditempa untuk mempelajari antara lain tahfidz alquran, adzan, mampu menjadi imam, menyelenggarakan jenazah, memberi khutbah, ceramah, memimpin doa, debat ilmiah ala surau, kepandaian dasar padusi minang, randai atau silek serta berbagai kewirausahaan.

“Semuanya itu kita tujukan terhadap orientasi bagi para siswa, agar mendapatkan pembelajaran yang bermakna untuk memiliki kecerdasan, sikap yang baik disertai keterampilan. Sehingga, ketika setelah tamat menjadi alumni mereka dapat bermanfaat bagi orang banyak terutama bagi diri sendiri,” harapnya.

Sementara itu lanjut Ramadansyah, terkait pembangunan Pusat Kajian Islam Surau Nurul Ilmi, murni bersumber dari dana alumni SMAN 3 di berbagai angkatan. Sebagai penggagasnya yakni alumni angkatan 1987 yang juga menanggung untuk biaya pengerjaan pembangunan fisik gedung.

“Ide dibangunnya Pusat Kajian Islam Nurul Ilmi ini diawali sejak Februari lalu. Upaya ini juga dalam rangka SMAN 3 mewujudkan salah satu dari dari 10 program unggulan Pemko Padang. Yaitunya, menjadikan Kota Padang sebagai kota pendidikan dan perdagangan yang berbasis agama,” tuturnya.

Adapun terkait peresmian nanti, tambahnya lagi, direncanakan bakal diresmikan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno yang juga dihadiri Walikota Padang, H. Mahyeldi, para alumni keluarga besar SMAN 3, serta undangan lainnya.

“Sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT dengan diresmikannya Pusat Kajian Islam Surau Nurul Ilmi ini, pada hari Sabtu (8/10)-nya, pihak sekolah akan mengundang dan memberikan segenap bantuan bagi anak yatim sebanyak 80 orang,” urainya mengakhiri. (David)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *