Walikota Bangga, Seluruh Lulusan SMAK Padang Sudah Bekerja

PADANG-kuncinews.com– Seluruh siswa lulusan Sekolah Menengah Analis Kimia (SMAK) Padang lulus tes rekrutmen dari perusahaan -perusahaan besar tanah air dan luar negeri. Mereka langsung bekerja, meskipun belum sempat menjalani prosesi wisuda.

Hal ini membuat bangga Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah. Betapa tidak, sementara ribuan orang tamatan SMA bahkan sarjana sulit mendapatkan pekerjaan, sedangkan lulusan SMAK yang setara D1 langsung diterima di dunia industri.

“Kita bangga anak-anak kita dikejar dunia industri karena memang memiliki kompetensi. Sementara yang lain sulit mencari lowongan pekerjaan,” kata Mahyeldi di sela kegiatan olahraga di Pantai Padang, Sabtu (12/8/2017) pagi.

Menurut Mahyeldi, selain masa pendidikan empat tahun, sekolah naungan Kementerian Perindustrian itu juga menerapkan pola pendidikan yang bagus. Disini wajib memiliki kedisiplinan dan tingkat ketelitian yang tinggi, karena berbasis penelitian dan pengujian kimia.

“Pola yang diterapkan bagus. Harus disiplin dan teliti karena berkutat di labiratorium kimia,” ujar Wako Mahyeldi.

Ia berkeinginan, sekolah-sekolah khusunya SMK di Padang meniru pola SMAK karena memang saat ini sekolah-sekolah di bawah Kementerian Perindustrian menjadi rujukan pendidikan fokasi sesuai kesepakatan lima menteri. “Namun karena kebijakan untuk SMA dan SMK sudah di pemerintahan provinsi ke depannya tentu perlu menjadi perhatian di tingkat provinsi,’ ulasnya.

Pada kesempatan ini, Walikota Mahyeldi sempat berbincang dengan pelaksana Hubungan Industri dan Masyarakat SMAK Padang sekaligus Team GPR ( Goverment Public Relation) Kementerian Perindustrian Meri Surianti sekitar perkembangan SMAK Padang.

Meri menyebut, Menteri Perindustrian berkeinginan menghadiri langsung pelantikan wisudawan dan wisudawati SMAK Padang dalam bulan ini. Untuk itu, pihak SMAK Padang mengharapkan Walikota Mahyeldi berkenan hadir dan memberikan sambutan pada acara tersebut.

Dikatakan Meri, tahun ini SMAK Padang meluluskan 147 siswa. Semuanya sudah bekerja pada perusahaan yang merekrut. Mereka belum menjalani prosesi wisuda. Sedangkan untuk prosesi wisuda baru akan dilaksanakan menjelang akhir Agustus 2017 ini.

“Sebanyak 147 siswa lulusan tahun ini sudah diterima bekerja. Merek baru akan diwisuda pada menjelang akhir bulan ini,” jelas Meri.

(DU/Zal/Charlie/Taf/Joim)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *