Mantap! Nih Cara agar Kamu Sukses Jadi Freelancer

JAKARTA-kuncinews.com–  Usai lulus kuliah, yang diinginkan setiap sarjana baru adalah sebuah pekerjaan. Namun, sayangnya di Indonesia dan di mana pun itu, jumlah antara lapangan pekerjaan dengan pemburu kerja tidak seimbang. Hal ini memicu peningkatan angka pengangguran.

Kamu pasti tidak menginginkan ambil bagian dalam angka itu. Nah, pekerjaan freelance bisa kamu intip sebagai alternatif. Apalagi bagi kamu yang tak ingin terjerat dengan aturan di perusahaan dan ingin memimpin dirimu sendiri.

Jika kamu ingin menjadi freelancer sebagai sumber penghasilan kamu, sejumlah tips ini mungkin bisa kamu lakukan. Apa saja? Berikut uraiannya seperti dilansir dari The Balance, Minggu (13/8/2017).

Membangun jaringan

Sekitar 60 persen dari semua pekerjaan bisa ditemukan melalui jaringan. Nah, dengan membangun jaringan pertemanan dengan sesama rekan kuliah, dosen, atau pengusaha pembangun start-up mungkin bisa menjadi kuncian kamu. Malah dengan membangun jaringan, kamu bisa dengan mudah menemukan klien atau partner kerja dalam sebuah proyek.

Media sosial

Media sosial adalah sahabat si freelancer. Pasalnya, menjadi freelancer mengharuskan kamu memasarkan diri kamu sendiri kepada calon klien. Sosial media ini bisa menjadi portofolio sekaligus sarana memasarkan diri, lho! Contohnya jika kamu ingin bergerak di bidang fotografi, media sosial seperti instagram bisa kamu pakai untuk “jual diri”.

Situs pekerjaan

Gunakanlah situs pekerjaan untuk meletakkan porfotolio kamu atau untuk menawarkan jasamu. Saat ini, situs pekerjaan yang khusus bagi freelancer sudah banyak tersedia di internet. Misalnya, untuk freelancer design, atau penulis.

Asosiasi profesional

Sebagian besar industri memiliki asosiasi profesional. Ada baiknya, kamu mencari asosiasi profesional yang cocok pada bidang kamu. Untuk menemukan organisasi di wilayahmu, mulailah cari di google atau mintalah rekan sejawat kamu untuk membantu dapatkan rekomendasinya.

okezone

(sus)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *