16-16-17, Empat Pilar Kebangsaan Disosialisasikan

HUMAS PADANG-kuncinews.com– Memupuk kembali semangat berkebangsaan di tengah masyarakat, Pemerintah Kota Padang melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan. Kegiatan ini dilaksanakan tepat sehari sebelum perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUTRI) ke-72.

Sosialisasi digelar di masjid dan musala yang ada di 104 kelurahan di Kota Padang, Rabu (16/8). Kegiatan ini diberi tajuk 16-16-17. Sebab sosialisasi diadakan serentak pada pukul 16.00 Wib, pada tanggal 16, dan pada tahun 2017, atau disingkat menjadi 16-16-17.

“Kita mengimbau kepada seluruh warga termasuk generasi muda agar hadir di masjid dan musala untuk mengikuti kegiatan sosialisasi ini,” ajak Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo, Senin (14/8).

Saat ini memang cukup banyak terjadi radikalisme. Tawuran antar pemuda maupun pelajar pun semakin menjadi-jadi. Termasuk gencarnya narkoba di tengah generasi muda.

“Sosialisasi ini perlu kita lakukan agar generasi muda dan seluruh masyarakat tumbuh rasa semangat kebangsaan dan terjauh dari hal yang merusak itu,” papar Mahyeldi didampingi Asisten I Vidal Triza, Kepala Kesbangpol Mursalim, dan Kepala OPD terkait.

Sementara itu, Asisten I Vidal Triza menyebut dalam sosialisasi ini akan turut hadir sejumlah unsur Forkopimda. Termasuk pejabat struktural di Pemko Padang, kader bela negara, serta alumni TOT Lemhanas yang turun serentak pada hari itu.

“Seluruhnya akan berada di tiap masjid dan musala untuk memberikan materi empat pilar kebangsaan,” beber Vidal.

Kepala Kantor Kesbangpol Kota Padang Mursalim menambahkan, materi yang akan disampaikan kepada masyarakat di antaranya yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, serta NKRI. Kegiatan dimulai pada pukul 16.00 Wib dan berakhir setelah salat Isya.

“Di penghujung sosialisasi diadakan doa bersama,” jelas Mursalim dibenarkan Kepala Bagian Pemerintahan Arfian, Kabag Humas Imral Fauzi, serta Kabag Kesra Jamilus.

Rencananya, Walikota Padang akan mengunjungi salah satu masjid di Kecamatan Kuranji. Begitu juga Wakil Walikota Padang yang akan turun di masjid yang ada. Begitu halnya Sekdako, Kapolres, Dandim, dan lainnya.

(Charlie)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *