Soal Penurunan Suku Bunga, Darmin Sebut Tergantung Nyali BI

JAKARTA-kuncinews.com–  Bank Indonesia (BI) sempat mewacanakan adanya pelonggaran moneter di Indonesia yakni penurunan tingkat suku bunga perbankan. Hal ini karena pertumbuhan ekonomi Indonesia sedang mengalamo pemulihan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan, untuk penurunan suku bunga, diserahkan sepenuhnya kepada Bank Indonesia. Namun ia sempat menanyakan juga, seberapa besar nyali BI untuk menurunkannya.

“Gimana nanti ke depannya (untuk penurunan suku bunga)? Ya itu tergntung BI sebetulnya, nyalinya gimana?” Kata Darmin sambil terkekeh, di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (14/8/2017).

Darmin juga tak menyangkal bahwa sejauh ini, banyak pihak yang mendorong untuk suku bunga bergerak ke arah penurunan. Ini karena juga untuk mendorong daya beli masyarakat dan mendorong Kredit Usaha Rakyat (KUR) lebih baik dari tahun sebelumnya. “Sebenarnya juga OJK itu sekarang sudah final, dan orang-orang saat ini punya kecenderungan mendorong suku bunga turun,” imbuhnya.

Namun, Ia mengingatkan, untuk keputusan suku bunga akan turun atau tidak, sebaiknya diperhitungkan faktor pro dan kontranya yang akan terjadi. Ini berkaitan dengan turun tidaknya juga suku bunga bank sentral di Amerika Serikat atau The fed.

“Selalu ada faktor plus minusnya, pro dan kontranya. Kan AS kemarin tidak menaikkan fed rate, ya kalah ekonomi nya baik, mereka pasti naikkan lagi. Kalau dari sisi pronya, inflasi kita sekarang relatif terjaga, dan itu akan mendorong pelonggaran moneter tentunya,” pungkasnya.

sindonews
(akr)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *