Inovasinya Raih Penghargaan, Syamsari Mengaku tak Menyangka

MAKASSAR –kuncinews.com-Bupati Takalar, Syamsari Kitta, mengaku tidak pernah menyangka bahwa konsep pengolahan limbah yang dibuatnya mendapat apresiasi dari KORAN SINDO, dan membuatnya masuk nominasi Kepala Daerah Inovatif.

Syamsari yang dihubungi Rabu (29/8/2018), mengatakan sistem pengolahan sampah di Takalar, baik yang dihasilkan manusia maupun pertanian, selama ini dinilai memrihatinkan.

Sehingga saat awal menduduki jabatan bupati, Syamsari langsung memikirkan cara mengolah limbah menjadi barang yang dapat digunakan kembali.

“Sejak awal dalam visi kami, harus melakukan pembangunan yang ramah lingkungan. Salah satu yang menggelitik bahwa pertama, situasi Takalar dari segi kebersihan cukup memprihatinkan. Kedua, bahwa sampah tidak hanya berasal dari manusia tapi juga dari pertanian yang begitu banyak, sehingga saya berfikir ini harus ada solusi,” kata Syamsari.

Dengan memanfaatkan seluruh sumber daya manusia hingga sarana dan prasarana, Pemerintah Kabupaten Takalar membuat pusat pengelolaan limbah. Sampah organik dari pertanian dikumpulkan lalu diolah menjadi kompos dan bahan pakan.

“Solusinya bagaimana mengubah limbah ini menjadi barang bermanfaat baik buat masyarakat maupun untuk daerah,” jelasnya.

Tak berhenti disitu saja, Syamsari mengatakan, sejumlah inovasi lain saat ini terus disempurnakan untuk menata Takalar lebih beradab, bermartabar dan sejahtera.

(kem)

sindonews




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *