Ciptakan Udara Bersih dan Sehat, Kendaraan Di Kota Padang Uji Emisi

PADANG-kuncinews.com- Dalam rangka menciptakan udara bersih dan sehat, PemkoPadang melalui Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan uji emisi kendaran bermotor roda empat milik dinas dan pribadi di lapangan parkir Taman Makam Pahlawan, Jalan. S. Parman Lolong, Rabu (10/04/2019).

Di kesempatan itu, Wali Kota Padang Mahyeldi mengatakan, penghargaan bergengsi Piala Adipura tahun 2018 yang telah berhasil diraih Kota Padang tidak terlepas dari kegiatan uji emisi kendaraan. Hal itu dipertegas berdasarkan hasil Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) yang telah membuahkan penghargaan ‘Kota Langit Biru’ (kualitas udara daerah yang dinilai bersih-red) oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Gambar mungkin berisi: 5 orang, orang berdiri

“Seharusnya, semua kendaraan bermotor di Kota Padang harus melakukan uji remisi supaya diketahui mana kendaraan yang layak digunakan. Dan untuk kendaraan yang telah melakukan uji emisi agar diberikan tanda,” terangnya.

Lebih jauh dikatakan, uji emisi kendaraan bermotor dapat dilakukan melalui registrasi online. Ini adalah inovasi baru yang telah dilakukan sehingga dapat menghemat anggaran. “Kita mengimbau seluruh perangkat daerah agar terus melakukan inovasi-inovasi untuk kemajuan Kota Padang kedepannya,” tutup Mahyeldi.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Harmen Peri mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengetehui tingkat emisi gas buang kendaraan bermotor yang dihasilkan oleh kendaraan berbahan solar dan bensin di jalan raya. Serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memelihara kendaraan dalam rangka meminimalisir polusi udara yang ditimbulkan.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat mendorong peran serta bengkel-bengkel di Kota Padang dalam melakukan uji remisi kendaraan bermotor dan juga sebagai masukan untuk pengambilan kebijakan dalam upaya pengendalian pencemaran udara di Kota Padang,” jelasnya.

Gambar mungkin berisi: 9 orang, orang tersenyum, orang berdiri dan luar ruangan

Harmen Peri menambahkan, pengujian emisi kendaraan bermotor kali ini, DLH Kota Padang didukung oleh beberapa pihak. Diantaranya PT Auto 2000, PT Suka Fajar dan PT Intercom Mobilindo yang telah meminjamkan alat beserta teknisi dalam pelaksanaan uji emisi ini.

Selanjutnya, juga pihak Kodim 0312 Padang, Bank Nagari, Polresta dan Dinas Perhubungan Kota Padang serta lainnya. “Untuk itu, kami berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung kesuksesan pelaksanaannya,” tambahnya.

Disebutkan juga, pelaksanaan uji emisi kendaraan bermotor ini ditargetkan bisa mencapai 1000 unit yang akan dilaksananakan dua hari. Dimulai hari ini dan esoknya diadakan di lapangan parkir Bank Nagari Cabang By Pass Padang.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kadis Perhubungan Dian Fakri, Kadis Perdagangan Endrizal dan Kabag Humas Kota Padang, Imral Fauzi. (****)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *